Tips Jitu dalam Menangani Vagina Gatal

Rasa gatal pada vagina tentu membuat segala aktivitas terasa tidak menyenangkan. Pikiran pun tentu tidak bisa fokus karena rasa gatal ini. Gatal pada vagina biasanya dipicu oleh beberapa kondisi. Oleh karena itu, untuk menangani keluhan gatal tersebut, terlebih dahulu anda harus mengetahui penyebab rasa gatal pada vagina, kemudian baru bisa mencari tahu penanganan yang sesuai berdasarkan pemicu yang di timbulkan. Dan berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa penyebab gatal pada vagina sekaligus cara menanganinya.

Penyebab Gatal Pada Vagina Dan Cara Mengatasinya

1. Gatal Vagina / Miss V karena Penggunaan Bahan Kimia

Rasa Gatal pada bagian organ intim anda (vagina) dapat disebabkan karena alergi terhadap bahan-bahan kimia seperti bahan kimia yang terdapat pada krim, sabun, atau kondom sehingga ia mengalami iritasi dan membuat vagina anda menjadi gatal. Gatal yang disebabkan oleh alergi ini dapat ditangani dengan menggunakan obat-obatan antihistamin yang berfungsi untuk menangani gatal akibat alergi.

2. Gatal Miss V karena Infeksi Jamur/ Kandidiasis Jamur

Kandidiasis Jamur merupakan salah satu penyakit karena jamur yang tumbuh berlebihan pada organ vagina dan vulva. Ibu hamil yang menggunakan antibiotik pada saat berhubungan seksual memiliki resiko yang tinggi untuk mengalami penyakit ini dibandingkan wanita dalam kondisi biasa. Hal ini disebabkan karena fiisik ibu segi empat yang kondisi tubuhnya sedang melemah.
Nah, perlu anda ketahui bahwasanya Infeksi jamur dapat ditangani dengan mengkonsumsi obat-obatan anti jamur atau bisa juga dengan menggunakan krim yang dioleskan pada vagina.

3. Gatal Miss V karena Menopause

Pada akhir masa reproduksi wanita, produksi hormon estrogen juga mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan kandungan vagina melemah dan mengering. Pada kondisi inilah biasnya vagina mudah mengalami iritasi dan terasa gatal. Jika saat itu terjadi, gatal yang disebabkan menopause ini dapat ditangani dengan menggunakan krim atau tablet untuk meningkatkan hormon estrogen.

4. Gatal Vagina karena Penyakit Menular Seksual

Beberapa penyakit menular seksual yang biasanya kita temui, yaitu Herpes, Trikomoniasis, Klamidia dan Gonore. Penyakit tersebat bisa menyebabkan rasa gatal pada organ intim (vagina).

Penanganan dan Pengobatan Gatal pada Vagina

Cara untuk menangani kondisi gatal pada vagina selama ini lebih banyak orang yang terlalu bergantung pada penggunaan antibiotik.

Penanganan Gatal pada Vagina yang Baik

Di luar cara penanganan gatal vagina dengan antibiotik,  sebetulnya jauh lebih baik untuk mencegah datangnya rasa gatal di vagina anda atau dengan cara pengobatan yang lebih sehat pada saat tahap mengobati ketika gejala gatal sudah mulai muncul, yaitu:

  1. Hindari penggunaan segala bentuk  obat pembersihan vagina yang beraroma, seperti tisu, pembalut, pentyliner dan lain sebagainya.
  2. Anda bisa membersihkan vagina anda dengan membilasnya meggunakan air bersih, tanpa menggunakan douching. Douching bisa menyebabkan bakteri baik dalam Miss V ikut terkikis sehingga terjadi ketidakseimbangan jumlah bakteri baik dalam vagina, vagina pun akan dengan mudah dapat terinfeksi dan beresiko memunculkan rasa gatal pada vagina.
  3. Setelah buang air besar maka bersihkanlah anus dari depan ke belakang agar bakteri yang terdapat di anus tidak terbawa ke vagina.
  4. Ketika sedang menstruasi gantilah pembelut anda sesering mungkin agar tidak terjadi infeksi di daerah organ kewanitaan ini.
  5. Untuk mengatasi kelembapan di organ kewanitaan anda sehingga memudahkan vagina terinfeksi jamur, anda harus secara rutin mengganti celana dalam anda.
  6. Jangan memilih celana dalam yang ketat dan berbahan sintesis. Hal itu dapat menyusahkan sirkulasi udara pada vagina. Oleh karena itu, pilihlah celana dalam yang berbahan katun untuk mempermudah penyerapan keringat.
  7. Jangan berhubungan intim terlebih dahulu, jika infeksi pada vagina masih belum sembuh. Berhubungan intim pada saat vagina terinfeksi dapat memperbesar resiko pasangan anda terkena penyakit seksual menular.
  8. Hindari menggaruk vagina pada saat terasa gatal.
  9. Segera ganti baju anda selesai berolahraga agar biang keringat tidak menempel dan nantinya memicu rasa gatal pada vagina.
  10. Minimalisirlah penggunaan jins ketat atau rok ketat agar sirkulasi udara di sekitar vagina tetap terjaga.

Nah, itu tadi adalah beberapa penanganan yang dapat anda lakukan agar terhindar dari rasa gatal di area kewanitaan anda. Akan lebih baik jika Anda memanfaatkan produk herbal  perawatan organ intim wanita. Manjakani Sekar malam adalah produk herbal obat keputihan, herbal alami untuk menjaga dan memelihara organ kewanitaan dari  berbagai gangguan, termasuk gangguan gatal-gatal pada vagina. Anda bisa cek legalitas Produk Herbal Manjakani Sekar Malam, selain memiliki ijin dari BPOM Depkes, juga sudah bersertifikat halal dari  MUI.

Jika keluhan gatal terlampau parah, maka sebaiknya anda pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.


MANJAKANI SEKAR MALAM | PIL MANJAKANI | HERBAL MANJAKANIKHASIAT MANJAKANI | MANJAKANI ACEH | MAJAKANI HERBAL | OBAT KEPUTIHAN Terima kasih telah berkunjung di website Obat Keputihan Manjakani Sekar Malam, Manjakani.co.id, produsen dan distributor tunggal Produk Herbal Manjakani yang terpercaya, produk resmi dan asli, telah memiliki ijin POM Sekar Malam dan Sertifikat Halal MUI. Website ini kami buat untuk melayani Anda dalam pembelian Obat Keputihan  Manjakani Sekar Malam dan mempermudah Anda untuk mengenal Khasiat Manjakani, Manfaat Manjakani, Dosis dan Penggunaan Obat Keputihan Manjakani, serta Testimoni, Review dan Pengalaman Manjakani. Anda juga dapat membaca beberapa artikel kesehatan menarik yang ada di website kami, baik mengenai Keputihan, Cara Mengobati Keputihan, maupun Obat Keputihan Herbal.

Kata pencarian :

No Comments Yet.

Leave a comment