Keputihan tak Sembuh-sembuh, Akibat Salah Minum Antibiotik?

Keputihan bagi kaum wanita sudah bukan sesuatu yang menakutkan. Asal bisa menjaga dan mengatur pola hidup, pola asupan makanan dan minum obat keputihan secara tepat, Insya Allah keputihan bisa ditangani dengan baik. Terlebih lagi jika rajin dan teratur minum obat herbal keputihan, maka Insya Allah di samping terhindar dari dampak keputihan, juga bisa membuat badan dan organ miss V bisa lebih baik dan fit.

Adakalanya seorang wanita di luar problem keputihan, ia juga mesti mengkonsumsi obat-obatan kimia dari dokter atau rumah sakit. Kami menyarankan untuk selalu berhati-hatilah mengkonsumsi obat kimia. Selama ini seringkali kita terlampau mengandalkan obat antibiotik. Padahal, jika sekedar penyakit ringan seperti pilek yang ringan, maka hindari obat-obatan yang keras, semacam Antibiotik. Karena dampak antibiotik jika tidak diperuntukkan penyakit yang tepat, justru bisa  berdampak buruk untuk imunitas kita.

Artikel berikut membahas dampak salah pakai antibiotik terhdap keputihan, kami ambil dari portal berita republika.co.id. Silakan disimak ...

Antibiotik merupakan obat yang tidak boleh sembarangan dikonsumsi. Apalagi tanpa resep dokter. Pasalnya kesalahan meminum obat tersebut dapat menyebabkan resistensi mikroba, salah satunya mengakibatkan keputihan yang tak kunjung sembuh.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUP Sardjito, Rukmono Siswishanto menjelaskan, pada dasarnya tubuh kita dihuni oleh banyak bakteri. "Keberadaan bakteri dalam tubuh itu normal. Asalkan seimbang," katanya saat ditemui di Graha Alumni FK UGM, Rabu (1/2).

Namun asupan antibiotik yang berlebihan dapat menyebabkan ketidakseimbangan organisme kecil tersebut. Sehingga penyakit dalam tubuh pun muncul. Apalagi konsumsi antibiotik dapat berpengaruh pada bakteri di seluruh tubuh. Bukan hanya bagian tertentu yang diserang saja.

Rukmono mencontohkan, ketika seseorang sakit flu lalu mengonsumsi antibiotik sembarangan, yang mati bukan hanya di saluran pernafasan. Tapi juga bakteri di sekitar vagina. Lalu menyebabkan ketidakseimbangan kadar asam area kewanitaan. "Kalau bakteri baik di vagina mati, maka jamurnya akan berkembang pesat dan menyebabkan penyakit di area tersebut. Salah satunya keputihan yang tidak sembuh-sembuh," papar Rukmono.

Selain di vagina, organ lain yang dihuni banyak bakteri adalah usus. Jika diberi antibiotik terlalu berlebihan, keseimbangan bakteri di usus juga bisa terganggu. Sehingga proses pencernaan akan bermasalah.

Adapun obat antibiotik yang terkadang digunakan secara berlebihan seperti amoxicillin dan supertetra. Namun demikian, Ketua Departemen Mikrobiologi FK UGM, Tri Wibowo mengemukakan, kesalahan konsumsi antibiotik dapat disebabkan oleh beberapa hal. "Bukan hanya karena konsumsi yang berlebihan tanpa aturan dokter. Kesalahan mengonsumsi antibiotik juga bisa terjadi karena lupa minum secara teratur, dan berhenti minum karena dirasa sudah sembuh. Padahal antibiotiknya masih ada," kata Tri.

Sumber: http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/17/02/02/okqvpt359-keputihan-tak-kunjung-sembuh-bisa-disebabkan-salah-minum-antibiotik


MANJAKANI SEKAR MALAM | PIL MANJAKANI | HERBAL MANJAKANIKHASIAT MANJAKANI | MANJAKANI ACEH | MAJAKANI HERBAL | OBAT KEPUTIHAN Terima kasih telah berkunjung di website Obat Keputihan Manjakani Sekar Malam, Manjakani.co.id, produsen dan distributor tunggal Produk Herbal Manjakani yang terpercaya, produk resmi dan asli, telah memiliki ijin POM Sekar Malam dan Sertifikat Halal MUI. Website ini kami buat untuk melayani Anda dalam pembelian Obat Keputihan  Manjakani Sekar Malam dan mempermudah Anda untuk mengenal Khasiat Manjakani, Manfaat Manjakani, Dosis dan Penggunaan Obat Keputihan Manjakani, serta Testimoni, Review dan Pengalaman Manjakani. Anda juga dapat membaca beberapa artikel kesehatan menarik yang ada di website kami, baik mengenai Keputihan, Cara Mengobati Keputihan, maupun Obat Keputihan Herbal.

No Comments Yet.

Leave a comment