Keputihan Saat Hamil dan Cara Terbaik Mengatasinya

Keputihan atau fluor albus merupakan sebuah gangguan penyakit berupa keluarnya cairan dari area kewanitaan. Keputihan bukan hanya terjadi pada wanita biasa, namun juga dapat terjadi pada wanita yang hamil. Penyebab keputihan pada wanita hamil dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan hormon pada area rahim dan juga area kewanitaan.

Berbagai Jenis Keputihan Saat Hamil Serta Penyebabnya

1. Keputihan trikomoniasis

Jenis keputihan ini biasanya disebabkan oleh protozoa yang bernama Trichonomas vaginalis. Biasanya protozoa ini berada pada kandung kemih. Penularan protozoa ini biasanya saat pasangan sedang berhubungan badan. Beberapa ciri-ciri dari jenis keputihan ini adalah:

  • Organ kewanitaan terasa gatal dan panas
  • Terkadang dapat terjadi pendarahan setelah melakukan hubungan badan dengan pasangan
  • Pada organ kewanitaan terdapat bau dan buih serta mengeluarkan cairan yang berwarna kuning kehijauan.

2. Keputihan Kandidosis Vulvovaginal

Kandidosis vulvovaginal sendiri merupakan mikroorganisme yang berada disekitar organ kewanitaan. Hal ini dapat disebabkan oleh pertumbuhan jamur yang berlebihan.

Beberapa faktor yang dapat mempercepat pertumbuhan jamur adalah penggunaan alat kontrasepsi, kehamilan, penggunaan antibiotic yang berlebih dan lainnya. Serta cara merawat dan membersihkan organ kewanitaan yang tidak benar dapat menyebabkan keputihan jenis ini. Beberapa tanda danj ciri cirinya adalah:

  • Cairan kewanitaan yang keluar berbau pekat dan menyengat
  • Mengalami rasa gatal yang hebat di sekitar organ kewanitaan
  • Rasa sakit ketika kencing atau berhubungan badan

Jika hal ini tidak segera ditangani dengan tepat dapat menyebabkan kelahiran bayi lebih awal (premature) dan bahkan menyebabkan bobot bayi yang dilahirkan di bawah normal.

3. Keputihan vaginosis bakterialis

Jenis keputihan ini dapat disebabkan oleh perubahan keadaan ekosistem di sekitar organ kewanitaan. Perubahan yang dimaksud adalah berkurang atau menghilangnya jumlah laktobasili dan meningkatnya pertumbuhan mikroorganisme lainnya. Gejala dan ciri-ciri dari jenis keputihan ini adalah:

  • Bau tajam yang berasal dari organ kewanitaan
  • Rasa gatal di sekitar organ kewanitaan

Apabila dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan ketuban pecah sebelum waktu kelahiran, bayi lahir lebih awal (premature), berat badan bayi yang dilahirkan jauh dibawah normal.

Tips Mengatasi Keputihan Pada Saat Hamil

Keputihan mungkin merupakan sesuatu yang normal bagi wanita tidak terkecuali yang sedang hamil. Namun apabila dibiarkan terus menerus tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu keputihan yang terjadi pada wanita hamil lebih berbahaya dibandingkan dengan wanita yang sedang tidak hamil. Berikut beberapa tips mengatasi keputihan pada saat hamil:

  1. Menggunakan celana dalam berbahan katun.
    Penggunaan celana dalam berbahan katun dapat menyerap keringat sehingga vagina tidak akan lembab. Usahakan untuk tidak memakai celana dalam yang ketat agar terdapat sirkulasi udara di sekitar organ kewanitaan.
  2. Mengurangi konsumsi manis dan kafein.
    Makanan yang manis dan mengandung kafein dapat menjadi penyebab pemicu nya keputihan.
  3. Jangan bersihkan organ kewanitaan dengan sabun atau cairan pembersih organ kewanitaan.
    Hal ini dikarenakan kandungan pH basa yang terdapat dalam sabun ataupun cairan pembersih vagina akan mengganggu keseimbangan pH pada organ kewanitaan dan mengurangi keasaman. Dimana pada kondisi keasaman ini terdapat bakteri yang berfungsi melindungi organ kewanitaan.
  4. Menjaga kelembaman vagina.
    Salah satu cara mengatasi keputihan adalah menjaga kelembaman pada organ kewanitaan. Kondisi yang terlalu lembab akan sangat tidak baik. Tingkat keasaman yang tepat untuk vagina sekitar 3,5 dan bila terjadi peningkatan keasaman pada vagina akan menimbulkan bau dan nyeri.
  5. Membersihkan organ kewanitaan dengan tepat.
    Cara membersihkan organ kewanitaan pun tidak boleh sembarang. Cara yang tepat adalah dengan membilas vagina dari arah depan ke belakang. Hal tersebut dilakukan agar menghindari kuman yang menempel pada organ kewanitaan.
  6. Jangan berendam dalam air hangat.
    Apabila anda terlalu sering berendam dalam air hangat maka akan mempercepat pertumbuhan bakteri. Hal ini dikarenakan bakteri dapat tumbuh cepat pada suhu yang hangat.
  7. Menggunakan obat alami. Daun sirih bisa menjadi salah satu alternatif Obat Keputihan saat Anda Hamil. Daun sirih sudah dikenal dengan khasiatnya mengatasi keputihan pada organ kewanitaan. Penggunaan bahan yang alami akan lebih aman dibandingkan dengan obat yang mengandung bahan kimia.
    Selain itu bawang putih juga dapat membantu mengatasi keputihan. Konsumsilah bawang putih secara terus menerus agar membantu menghilangkan keputihan dengan cepat.
  8. Hindari stress berlebih. Stress berlebih dapat menyebabkan keputihan. Hormon di dalam tubuh akan meningkat dan menyebabkan keluarnya cairan dari dalam organ kewanitaan.

Nah itu tadi di atas, merupakan informasi seputar keputihan yang sering terjadi pada ibu hamil dan bagaimana tips mengatasinya. Walaupun keputihan pada saat hamil adalah kondisi yang wajar, tapi idealnya anda tetap harus waspada. Jika memang di rasa perlu tidak ada salahnya anda periksakan ke dokter agar mendapatkan petunjuk yang tepat.


MANJAKANI SEKAR MALAM | PIL MANJAKANI | HERBAL MANJAKANIKHASIAT MANJAKANI | MANJAKANI ACEH | MAJAKANI HERBAL | OBAT KEPUTIHAN Terima kasih telah berkunjung di website Obat Keputihan Manjakani Sekar Malam, Manjakani.co.id, produsen dan distributor tunggal Produk Herbal Manjakani yang terpercaya, produk resmi dan asli, telah memiliki ijin POM Sekar Malam dan Sertifikat Halal MUI. Website ini kami buat untuk melayani Anda dalam pembelian Obat Keputihan  Manjakani Sekar Malam dan mempermudah Anda untuk mengenal Khasiat Manjakani, Manfaat Manjakani, Dosis dan Penggunaan Obat Keputihan Manjakani, serta Testimoni, Review dan Pengalaman Manjakani. Anda juga dapat membaca beberapa artikel kesehatan menarik yang ada di website kami, baik mengenai Keputihan, Cara Mengobati Keputihan, maupun Obat Keputihan Herbal.

Kata pencarian :

0 Responses

  1. […] Keputihan juga terjadi pada masa ibu hamil. Keputihan dianggap normal pada masa kehamilan adalah jika warnanya masih bening keputihan, tidak berwarna lain. Selain itu juga tidak menimbulkan gatal atau nyeri, dan yang utama adalah ia tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Pada masa ibu hamil,  keputihan jeni pertama ini tidak akan berdampak banyak pada kondisi dan kesehatan janin. Hal ini karena janin memiliki selaput ketuban yang menjadi pelindung dirinya. […]

Leave a comment