Keputihan, Ciri-ciri dan Ragam Jenisnya

Keputihan adalah munculnya sekresi vaginal berupa lendir pada organ intim wanita. Jika dijabarkan, keputihan adalah suatu kondisi seorang perempuan / wanita di mana dari organ intim ( miss v / vagina ) nya mengeluarkan lendir dengan rona kekuning-kuningan atau bisa juga putih kebeningan baik kental maupun encer.

Pada dasarnya munculnya sekresi atau lendir pada organ vital wanita ini ada 2 sebab. Pertama karena memang rutin seperti halnya datangnya menstruasi, yang kedua munculnya karena suatu gangguan kesehatan.

Itu sebabnya kemudian  dalam dunia medis, keputihan dibagi menjadi dua macam: Keputihan normal (fisiologis) dan Keputihan abnormal ( patologis).

Keputihan: Ragam dan Jenis-jenisnya

Keputihan bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu keputihan fisiologis (normal) atau keputihan patologis (abnormal).

Keputihan normal atau fisiologis

Ciri-ciri Keputihan normal / fisiologis

  • Adalah kondisi keputihan normal pada umumnya, dapat terjadi secara rutin satu bulan sekali. Keputihan normal ini datang umumnya pada masa subur, atau saat hari-hari sebelum datangnya masa haid.
  • Munculnya lendir keputihan dari organ vagina ini,  jika tidak berlebihan, dan jika tidak berbau biasanya dianggap sebagai hal yang normal. Padahal  sebetulnya keputihan adalah sebuah indikasi atau pertanda terjadinya masalah kesehatan pada organ vital kewanitaan.

Keputihan normal /  fisiologis di saat hamil

  • Keputihan juga terjadi pada masa ibu hamil. Keputihan dianggap normal pada masa kehamilan adalah jika warnanya masih bening keputihan, tidak berwarna lain. Selain itu juga tidak menimbulkan gatal atau nyeri, dan yang utama adalah ia tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Pada masa ibu hamil,  keputihan jeni pertama ini tidak akan berdampak banyak pada kondisi dan kesehatan janin. Hal ini karena janin memiliki selaput ketuban yang menjadi pelindung dirinya.

Keputihan abnormal atau patologis

Ciri-ciri Keputihan abnormal / patologis

  • Adalah kondisi datangnya keputihan pada seorang wanita yang kondisi sekresi dan lendirnya tidak normal: warna lendir tidak bening keputihan, jumlah lendir terlalu berlebihan  dan menimbulkan bau yang amat tidak sedap. Kondisi seperti ini dikategorikan sebagai keputihan abnormal, dan biasanya muncul karena adanya penyakit yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Patologis sendiri artinya terkait dengan ilmu medis yang terkait dengan penanganan pada penyebab penyakit.

Penyebab Keputihan Patologis

  • Keputihan Abnormal atau Patologis, biasanya diakibatkan oleh adanya infeksi yang disertai dengan adanya rasa gatal di dalam atau di sekitar bibir daerah kewanitaan, dan keputihan ini bisa juga dipengaruhi oleh jamur, virus, dan paparan bakteri. Hal inilah yang sangat mengganggu untuk kesehatan reproduksi kesehatan pada wanita.

Penanganan dan Obat Keputihan

  • Normalnya wanita dewasa dan akil baligh, biasanya pernah mengalami keputihan. Justru cukup janggal, jika  seorang wanita dewasa dia tidak / belum pernah mengalami  dan merasakan keputihan. Maka amat sangat disarankan agar setiap wanita harus memiliki wawasan dan pemahaman yang memadai tentang keputihan ini. Agar bisa mengerti dan memahami bagaimana menghadapi, mengatasi dan mengobati keputihan.
  • Kaum wanita harus hati-hati jangan anggap remeh keputihan yang dialami. Harus juga  waspada karena keputihan dapat menyebabkan mandul dan resiko kematian. Tentu semua resiko tersebut akan semakin tinggi jika kaum wanita tidak memahami betul bagaimana mengatasi dan mengoabti keputihan sejak dini.


MANJAKANI SEKAR MALAM | PIL MANJAKANI | HERBAL MANJAKANIKHASIAT MANJAKANI | MANJAKANI ACEH | MAJAKANI HERBAL | OBAT KEPUTIHAN Terima kasih telah berkunjung di website Obat Keputihan Manjakani Sekar Malam, Manjakani.co.id, produsen dan distributor tunggal Produk Herbal Manjakani yang terpercaya, produk resmi dan asli, telah memiliki ijin POM Sekar Malam dan Sertifikat Halal MUI. Website ini kami buat untuk melayani Anda dalam pembelian Obat Keputihan  Manjakani Sekar Malam dan mempermudah Anda untuk mengenal Khasiat Manjakani, Manfaat Manjakani, Dosis dan Penggunaan Obat Keputihan Manjakani, serta Testimoni, Review dan Pengalaman Manjakani. Anda juga dapat membaca beberapa artikel kesehatan menarik yang ada di website kami, baik mengenai Keputihan, Cara Mengobati Keputihan, maupun Obat Keputihan Herbal.

Kata pencarian :

No Comments Yet.

Leave a comment