Hati-hati, Jangan Anggap Remeh Keputihan yang Anda alami

Keputihan merupakan gangguan pada organ intim wanita yang di tandai dengan keluarnya cairan berwana putih atau abu-abu yang berasal dari organ kewanitaan. Banyak wanita yang menganggap keputihan merupakan hal yang normal dan biasa terjadi pada wanita. Namun yang anda tidak sadari adalah beberapa jenis keputihan dapat menyebabkan penyakit tertentu yang sangat berbahaya, seperti contohnya kanker serviks. Nah untuk mengetahui jenis keputihan apa yang sebenarnya perlu diwaspadai, berikut beberapa penjelasannya.

Jenis keputihan pada organ kewanitaan

1. Keputihan Fisiologis

Jenis keputihan ini biasanya terjadi ketika wanita dalam masa subur yaitu pada saat sesudah dan sebelum menstruasi. Hal tersebut merupakan sesuatu yang normal dan tidak menyebabkan efek apapun seperti gatal ataupun bau tak sedap. Keputihan fisiologis juga dapat terjadi pada wanita hamil dan hal ini tidak akan mempengaruhi janin dalam rahim. Keputihan ini sering dianggap keputihan yang normal pada organ kewanitaan.

Ciri ciri dari keputihan fisiologis adalah:

  • Cairan yang dikeluarkan encer, berwarna bening atau krem
  • Cairan yang dikeluarkan sangat sedikit
  • Tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap
  • Tidak menyebabkan gatal di sekitar organ kewanitaan

2. Keputihan patologis

Jenis keputihan ini merupakan keputihan yang tidak normal dan sudah dikategorikan sebagai penyakit. Jenis keputihan ini dapat menyebabkan masalah pada organ kewanitaan anda.

Pada ibu hamil, bila mengalami keputihan patologis ini akan mempengaruhi janin yang ada di dalam rahim. Efek yang dapat ditimbulkan adalah bayi dapat lahir lebih awal (prematur) dan resiko penularan infeksi ke janin. Bayi yang terkena infeksi dapat mengalami gangguan pencernaan dan pernapasan. Parahnya infeksi tersebut juga dapat mengakibatkan kebutaan pada bayi.

Ciri-ciri keputihan patologis adalah:

  • Cairan keputihan yang dikeluarkan kental, berwarna putih susu atau kuning kehijauan
  • Jumlah cairan yang dikeluarkan sangat banyak
  • Akan menyebabkan rasa gatal dan bau yang tidak sedap pada organ kewanitaan
  • Menyisakan bercak-bercak pada celana dalam anda

Penyebab keputihan

Banyak hal yang dapat menyebabkan keputihan pada organ kewanitaan. Faktor utama yang paling mendasar adalah kurang menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan baik. Organ kewanitaan yang kurang bersih akan menyebabkan munculnya bakteri atau jamur yang menjadi penyebab keputihan.

Stress yang berlebih juga dapat menyebabkan keputihan. Ketika seseorang mengalami stress berlebih maka hormon-hormon yang ada didalam tubuh menjadi tidak seimbang dan dapat menyebabkan berbagai masalah. Penggunaan obat-obatan terutama antibiotik dalam waktu yang cukup lama jugdapat menyebabkan gejala keputihan pada organ kewanitaan. Selain itu pemakaian alat kontasepsi juga dapat mempengaruhi keseimbangan hormon anda.

Akibat dari keputihan

Meski dianggap sesuatu yang wajar dan normal, namun ternyata keputihan dapat menimbulkan akibat-akibat yang sangat fatal. Keputihan yang berlebih dapat menyebabkan kemandulan dan kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan). Selain itu juga dapat menjadi gejala awal kanker serviks (leher rahim) yang mana kanker ini juga dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Bagi wanita hamil, keputihan dapat menyebabkan janin dalam rahim akan lahir lebih awal (prematur). Selain itu bayi yang dilahirkan akan mengalami gangguan-gangguan akibat penularan infeksi yang ada pada organ kewanitaan.

Cara Mengobati Keputihan

Keputihan sangat berbahaya apabila anda tidak mengatasi nya dengan segera. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati keputihan mulai dari obat keputihan herbal, ke dokter, hingga penggunaan bahan kimia.

Anda dapat mengatasi keputihan dengan selalu menjaga kebersihan area kewanitaan anda. Rajin lah mengganti celana dalam anda apabila dirasa lembab. Selain itu jangan gunakan sabuh pembersih area kewanitaan yang mengandung pewangi karena akan mengganggu kadar pH pada organ intim anda.

Kurangi stress berlebih yang dapat mengganggu keseimbangan hormone dalam tubuh anda. Pastikan untuk menjaga pola makan anda. Perbanyaklah makanan-makanan sehat seperti buah dan sayur serta rajin mengkonsumsi air minum.

Jangan menyepelekan gejala gejala keputihan yang terjadi pada organ kewanitaan anda. Karena bisa saja menyebabkan penyakit lainnya yang sangat berbahaya. Daripada harus terjangkit penyakit akan lebih baik bila anda mengatasi dari dini masalah keputihan pada organ intim wanita anda.

Obat Keputihan Alami

Di antara sekian banyak alternatif obat keputihan, yang dewasa ini cukup mendapat perhatian adalah gerakan kembali ke alam. Di mana Obat Keputihan Alami lebih banyak dipilih oleh masyarakat dibanding obat keputihan yang kimiawi.

Namun demikian, masyarakat diwanti-wanti agar tidak membeli sembarang obat herbal. harus dilihat, terutama Izin edar (Izin BPOM), dan tentu saja tanggal kadaluarsanya.
Sebagai contoh jangan asal mengandung manjakani, langsung beli. Harus diperhatikan Izin POM nya, lebih bagus lagi adalah Sertifikat Halal MUI nya.


MANJAKANI SEKAR MALAM | PIL MANJAKANI | HERBAL MANJAKANIKHASIAT MANJAKANI | MANJAKANI ACEH | MAJAKANI HERBAL | OBAT KEPUTIHAN Terima kasih telah berkunjung di website Obat Keputihan Manjakani Sekar Malam, Manjakani.co.id, produsen dan distributor tunggal Produk Herbal Manjakani yang terpercaya, produk resmi dan asli, telah memiliki ijin POM Sekar Malam dan Sertifikat Halal MUI. Website ini kami buat untuk melayani Anda dalam pembelian Obat Keputihan  Manjakani Sekar Malam dan mempermudah Anda untuk mengenal Khasiat Manjakani, Manfaat Manjakani, Dosis dan Penggunaan Obat Keputihan Manjakani, serta Testimoni, Review dan Pengalaman Manjakani. Anda juga dapat membaca beberapa artikel kesehatan menarik yang ada di website kami, baik mengenai Keputihan, Cara Mengobati Keputihan, maupun Obat Keputihan Herbal.

Kata pencarian :

0 Responses

  1. […] ini tentu bisa membuat was-was. Khawatir dan takut jika kondisi banyaknya cairan yang keluar sat keputihan tersebut merupakan suatu indikasi dari sebuah penyakit […]

  2. […] wanita harus hati-hati jangan anggap remeh keputihan yang dialami. Harus juga  waspada karena keputihan dapat menyebabkan mandul dan resiko kematian. […]

Leave a comment